Jumat, 15 Oktober 2010

Pengantar Komputer dan TI 1A


-         Pemanfaatan komputer dalam bidang bisnis -

Pada saat ini internet dalam bidang bisnis digunakan untuk pertukaran informasi, katalog produk, media promosi, surat elektronik, bulletin boards, kuesioner elektronik, dan mailing list. Internet juga bisa digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan konsultasi dengan konsumen secara on-line, sehingga dalam bidang bisnis konsumen dapat dilibatkan secara proaktif dan interaktif dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Pemasaran lewat internet ada 2 metode, yaitu push dan pull marketing.
 Keunggulan strategi bisnis yang dapat diperoleh dari internet adalah sebagai  komunikasi global dan interaktif, menyediakan informasi dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen, meningkatkan kerja sama, memungkinkan untuk membuka pasar, produk, atau pelayanan  baru, serta mengintegrasikan aktivitas secara on-line. Aplikasi Electronic Commerce ada 2, yaitu: Business-to-Consumer dan Business-to-Business Commerce artinya agar kedua belah pihak dapat bertransaksi secara langsung, terlebih dahulu harus dibangun 2 sistem yang terintegrasi. Pembayaran transaksi electronic commerce diatur dalam Sistem Electronic Funds Transfer, sedangkan keamanan datanya diatur oleh Secure Socket Layer yang dikembangkan menjadi Secure Electronic Transaction.
Keunggulan pemanfaatan komputer dalam bidang bisnis yaitu :
-            Mempermudah konsumen membeli suatu produk tanpa harus keluar rumah.
-            Memudahkan para produsen  untuk memasarkan produk yang akan dijual.
-            Menciptakan kerjasama baru
-            Mengelolah kompleksitas dalam waktu seketika ( mengemat waktu )
Kelemahan pemanfaatan komputer dalam bidang bisnis yaitu :
-            Transaksi melalui komputer (internet) tidak dapat kejelasan payung hukumnya banyak menimbulkan kerugian, ketidakadilan yang berujung pada ketidakharmonisan dan tidak puasan berbagai pihak yang terlibat dalam aktivitas dunia maya ( cyber word ).


Nama   :Yuniar Frida Susanti
Kelas   : 1EB17 ( 28210778)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar