Jumat, 29 Oktober 2010

Tugas Mahasiswa Baru PTA 2010/2011

Virtual Class

Universitas Gunadarma sebagai perguruan tinggi yang berbasis Teknologi Informasi (IT),sangat berorientasi terhadap pengembangan IT di bidang pendidikan. Universitas Gunadarma mengembangkan E-Learning yang berbasis sistem Virtual Class.
Dimana dikatakan oleh Darin E. Hartley bahwa: e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain.
Pengertian tersebut menyempitkan arti “elektronik” pada huruf “e”dalam istilah “e-learning”. Selain karena, selain komputer juga masih terdapat alat-alat elektronik lainnya yang digunakan sebagai media pembelajaran, misalnya radio, tape audio/video, tv interaktif, cdrom, LCD Proyektor, OHP. Sebelum internet ditemukan, alat-alat tersebut sudah terlebih dulu digunakan sebagai media pembelajaran statis maupun interaktif. Mahasiswa bisa menggunakan tape recorder untuk merekam ceramah dosen di kelas untuk didengarkan dilain waktu.
Dosen juga menggunakan OHP untuk mempresentasikan materi kuliahnya kepada mahasiswa sehingga hanya menuliskan materi di papan tulis seperlunya saja. Dosen juga dapat memberikan salinan dokumen materi kuliah dan referensi dalam bentuk CDROM kepada mahasiswanya untuk dipelajari dirumah. Media-media elektronik tersebut sangat membantu mahasiswa agar bisa lebih menguasai materi kuliah.
Pengertian e-learning yang sederhana namun mengena dikatakan oleh Maryati S.Pd., e-learning terdiri dari dua bagian yaitu e- yang merupakan singkatan dari elektronika dan learning yang berarti pembelajaran. Jadi e-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer [5].
Terdapat kata “khususnya komputer” pada akhir kalimat yang member pengertian bahwa komputer termasuk alat elektronik disamping alat pembelajaran elektronik yang lain.
Istilah e-learning sepertinya terinspirasi oleh istilah e-mail yang lebih dulu popular yaitu electronic mail (surat menyurat melalui internet). Dimana untuk pengertian e-mail inipun menurut penulis dirasa kurang tepat karena yang namanya elektronik tidak hanya internet saja, namun juga meliputi alat-alat lain seperti mesin fax dan telegramjuga bisa sebagai alat penyampai surat elektronik. Namun tidak dibahas secara detail disini tentang e-mail karena akan memperlebar topic utama bahasan makalah ini.
Virtual Class sangat memudahkan pembelajar dalam berinteraksi dengan pengajar atau dosen. Pembelajar dapat berinteraksi dengan dosen secara audio visual dan atau menggunakan fasilitas chatting,diskusi melalui forum (optional).
Pembelajar atau mahasiswa/i cukup memasukkan nama pengguna dan password Anda
(Cookie harus diaktifkan pada browser Anda) bantuan dengan Cookie harus diaktifkan pada browser Anda (jendela baru).

Referensi :
keunggulan sistem pembelajaran virtual class - Penelusuran Google
http://infoduniafilan89.blogspot.com/2010/04/kelebihan-pembuatan-web-virtual-class.html
www.ilmupendidikan.net/.../layanan-pembelajaran-berbasis-e-learning.php
v-class.gunadarma.ac.id
ihan Pembuatan Web Virtual Class BLUE FLOWER Filan89 ZONA INFORMASI: Keleb
Gunadarma University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar