Minggu, 10 Oktober 2010

TUGAS RESUME PENGANTAR BISNIS BAB 2

BAB 2
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAN
Pengertian Lingkungan perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat dartikan sebagai keseluruhan dari faktor – faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang memepengarui individu, perusahaan, dan masyarakat.
Perusahaan dalam Masyarakat yang puralistik
Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perushaan. Perusahaa sagat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut. Oleh karna itu perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak – pihak yang berkepentingan.
Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Dari pemberitahuan pers yang dapat kita ikuti, banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, priklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahyapembayaran – pembayaran yang tidak legal, dan sebagainya.
Usaha - usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki kesan negatif dari masyarakat terhadap perusahaan, tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah – masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat yang efektif. Saran dari pemerintah dan keluhan dari masyarakat harus diperhatikan. Kegiatan humas yang baik harus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat, bukan hanya propaganda saja.
Lingkungan Fisik, Energi Dan Konservasi
Lingkungan Pemerintah
Keuntungan – keutungan ekonomi juga merupakan alasan pemerintah untuk memberikan bantuan, di samping alasan keamanan dan alasan – alasan lain. Pemerintah juga membantu perusahaan – perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan semacam ini dinamakan subsidi.
Bantuan di bidang Transportasi
Tidak sedikit bantuan pemerintah dibidang transportasi. Hampir di setiap sektor pengangkutan, pemerintah banyak memegang peranan. Pada sektor perkereta apian misalnya : sepenuhnya dikuasai pemerintah yang diatur oleh Perusahaan Jawatan Kreta Api (PJKA).
Bantuan pada Perusahaan – perusahaan Kecil
Bantuan kepada perusahaan – perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :
Bantuan finansial
Bantuan pemberian kontrak
Bantuan teknik dan manajemen.
Bantuan finansial telah dbanyak diberikan kepada pengusaha kecil, lebih dikenal dengan sebutan pengusaha golongan ekonomi lemah, terutama pengusaha pribumi melalui lembaga – lembaga yang ada (bank). Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk kredit (Kredit Investasi Kecil, Kredit Modal Kerja Permanen dan Kredit Candak Kulak) dengan tingkat bungan yang rendah.
Bantuan di bidang Komunikasi
Bidang komunikasi yang meliputi kegiatan – kegiatan siaran radio, televisi, telepon dan sebagainya hampir selueuh dikuasai dan diatur oleh pemeritah. Bidang komunikasi ini juga didukung dengan usaha – usaha pengembang ruang angkasa seperti penggunaan satelit. Usaha – usaha semacam ini sangat mendorong majunya usaha dibidang komunikasi.
Dari masalah – masalah ekonomi dan sosial, salah satu masalah yang sangat sulit siatasi dan memerlukan biaya yang besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik. Di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besar polusi udara dan airbahkan dibeberapa kota Yogyakarta yang tidak begitu besar juga dirasakan adanya pencemaran air tanah karena kondisi pemukiman yang berjubel serta pembuangan limbah yang terlalu dekat dengan sumber air.
Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingungan kita sudah semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor :
Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
Perkembangan teknologi baru
Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
Tujuan - tujuan ekologis memang sangat penting tetapi, persoalan riilnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan – tujuan tersebut dengan tujuan sosialdan tujuan ekonomi lainnya. Sampai saat ini belum ada konsensus tentang masalah tersebut.
Macam – macam polusi
Alasan – alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Alasan – alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi, pertambahan penduduk, dan permitaan masyarakat, serta untuk pertahanan negara.
Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari pada penghasilannya, maka akan terjadi defisit. Untuk menutup defisit ini dapatlah dilakukan peminjaman kepada bank – bank. Jumlah uang yang dipinjam dengan cara ini dsebut utang negara.
Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh Pemerintah, antara lain :
Pajak Tidak Langsung
Pajak tidak langsung dapat dikenakan atas barang – barang seperti rokok, tembakau, minuman keras, dan sebagainya. Yang dibayar oleh importir, produsen dan pedagang besar. Besarnya pajak ini di tambahkan pada harga barang tersebut pada saat dijual oleh masyarakat. Pajak ini dsebut pajak penjualan (PPn).
Pajak Langsung
Pajak kekayaan dsebut juga pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungguti pada pembayaran pajak. Macam pajak lain yang dapat digolongkan sebagai pajak langsung ini adalah pajak pendapatan (PPd) pajak perseroan (PPs) dan pajak dividen.
Pencemaran udara
Polusi ini menimbulkan dampak negatif yang biasannya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernafasan. Kita dapat membayangkan bilamana seseorang berada didalam garasi tertutup menghidupkan mesin mobil, maka lama kelmaan orang tersebut akan mengalami sesak nafas dan dapat menjadi lemas, atau bahkan meninggal karena terlalu banyak menghirup gas karbon.
Pencemaran air
Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang bersal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industri, pemukiman, dan lingkungan pertanian. Penggunaan pupuk yang mempunyai kandungan nitrat cukup besar dapat menyebabkan polusi air bail dipermukiman mapun di bawah tanah. Padatnya permukiman disuatu daerah juga dapat menjadi sumber air tanah dengan tangki peresapan (pembuangan kotoran) saling berdekatan sehingga bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air. Air yang terkena bakteri tidak baik untuk kesehatan badan jika diminum.
Lingkungan Hukum
Hukum Publik
Hukum publik ini mengatur masalah – masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum. Pengertian umum disini meliputi : seseorang, kelompok orang, masyarakat dan negara. Aturan – aturan hukum dapat dimasukkan sebagai hukum publik ini antara lain : jukum tatanegara, hukum tatausaha dan hukum pidana.
Hukum Privat
Hukum privat merupakang berhubungan dengan kepentingan hukum yang mengatur tentang hal – hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok – kelompok dalam masyarakat. Termasuk ke dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar